Cireng adalah Makanan atau Cemilan yang Terbuat dari Aci yang Digoreng

Apa itu Cireng? Cireng adalah singkatan dari aci digoreng yang merupakan makanan ringan yang berasal dari daerah Sunda atau kalo dalam bahasa Indonesia bisa dibilang tepung kanji goreng. Makanan tradisional ini sekarang sangat populer di daerah Jawa Barat bahkan sudah tersebar ke seluruh penjuru Indonesia.


Makanan cireng ini sekarang sudah bisa ditemukan di berbagai tempat, termasuk di dalam mall juga ada yang menjual cireng dengan beragam variasi rasa. Sampai sekarang cireng yang merupakan kuliner khas Bandung ini masih tetap digemari karena rasanya yang gurih dan enak sehingga menjadikan cireng begitu nikmat ketika dimakan selagi hangat.


Pada umumnya bahan dasar makanan cireng ini terdiri dari tepung kanji, tepung terigu, air, merica bubuk, garam, bawang putih, kedelai, daun bawang dan minyak goreng. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman, sekarang cireng telah hadir dengan inovasi baru dan variasi isi cireng dengan rasa yang beragam mencakup daging ayam, daging sapi, mozzarella, keju, kornet, sosis, baso, dan rasa lainnya yang nggak kalah enaknya.


Makanan cireng memiliki rasa yang gurih dengan tekstur yang kenyal dan krispi, pastinya akan membuat penikmat cireng ketagihan. Pada umumnya cireng disajikan dengan sambal kacang atau sambal oncom pedas, ada juga yang dipadukan dengan bumbu rujak yang menyegarkan. Selain itu


Meskipun bahan dasar cireng terkesan murah tapi bukan berarti cireng itu produk murahan loh. Seiring banyaknya variasi cireng membuat pembeli memiliki banyak pilihan saat akan membeli produk cireng. Cireng memang dibuat dengan bahan sederhana yaitu tepung dan beberapa bumbu tambahan namun, bahan sederhana itu mampu menghasilkan jajanan yang memanjakan lidah pembeli. Apalagi dengan variasi cireng yang beragam lengkap dengan saus dan sambal akan menjadikan cireng menjadi santapan yang lezat setiap saat.


Banyak singkatan makanan yang serupa dengan cireng atau aci digoreng, yang terbuat dari bahan aci atau tepung kanji, diantaranya:
- Cilok, singkatan dari aci dicolok
- Cimol, singkatan dari aci digemol
- Cilor, singkatan dari aci telor
- Cimin, singkatan dari aci mini
- Cilung, singkatan dari aci digulung
- Citruk, singkatan dari aci diketruk


Produk makanan cireng sekarang sudah memiliki beragam varian yang bisa kalian nikmati, diantaranya:
- Cireng banjur
- Cireng crispy
- Rujak cireng
- Cireng goang
- Seblak cireng
- Cireng mozzarella
- Cireng isi (daging ayam/sapi, kornet, baso, sosis, keju, dan sebagainya)

Itulah sedikit cerita tentang makanan ringan atau cemilan Cireng yang sampai sekarang masih menjadi salah satu jajanan favorit yang fenomenal.